Tips Mengoptimalkan Fitur Akun Instagram Bisnis

Apakah kalian setuju, bahwa saat ini Instagram memiliki peran yang sangat besar dalam memperluas jangkauan sebuah bisnis dan merek? Yaps, Tentu saja iya! Maka dari itu, Instagram menyediakan Akun Instagram Bisnis yang fiturnya tidak tersedia di akun Instagram pribadi biasa. Yang langsung dapat kamu buat secara gratis melalui aplikasi Instagram atau situs web Instagram.

Jadi apa itu Akun Instagram Bisnis? Sebuah jenis akun yang di rancang khusus untuk sebuah bisnis dan merek. Dengan fitur tambahan seperti akses untuk Instagram Insights, kemampuan untuk mempromosikan postingan, dan juga dapat berintegrasi dengan platform bisnis lainnya. Dengan memanfaatkan potensi penuh dari Akun Instagram Bisnis, kamu dapat membangun brand awareness dan juga meningkatkan engagement pengikut. Nah, sekarang bagaimana cara kamu dapat memanfaatkan fitur yang telah di sediakan oleh Instagram? Simak sampai habis artikel ini ya!

Cara Mengoptimalkan Akun Instagram Bisnis

Memang tidak semua bisnis itu, membutuhkan akun Instagram Bisnis atau bahkan media sosial lainnya untuk sukses. Namun yang perlu kamu ketahui dengan keberadaan fitur ini sangat dapat memberikan dampak positif bagi bisnis kamu. Maka dari, mari kita bahas cara mengoptimalkan Akun Instagram Bisnis beserta dengan manfaatnya.

1. Menggunakan Fitur Insight

Fitur Instagram Insight adalah mesin analitik yang di sediakan oleh instagram untuk pengguna akun bisnis. Fitur ini memberikan informasi secara detail tentang informasi postingan, aktivitas pengikut dan statistik lainnya dari akun kamu. Dengan begitu kamu dapat memahami cara kerja dari Instagram kamu dan dapat menyusun sebuah startegi pemasaran.

Berikut Ini Adalah Beberapa Kelebihan Fitur Insight:

  1. Informasi Detail Tentang Performa Postingan
    Seperti jumlah tampilan, like, komentar, dan share. Sehingga bisnis kamu tau postingan mana yang paling ramai.
  2. Informasi Tentang Aktivitas Followers
    Seperti lokasi geografis, usia dan jenis kelamin. Sehingga kamu dapat menyesuaikan strategi pemasaran bisnis kamu.
  3. Akses Informasi Pengikut Baru Dan Hilang
    Ini berupaya agar dapat mengukur pertumbuhan dari audiens, sehingga kamu dapat melakukan tindakan yang tepat dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengikut.
  4. Informasi Penggunaan Hastag Dan Lokasi
    Untuk mengetahui hastag dan lokasi yang paling efektif dalam menjangkau audiens dan menyesuaikan strategi pemasaran kamu.
  5. Informasi Tentang Profil Bisnis
    Seperti jumlah klik link dan kunjungan profil. Sehingga kamu dapat mengetahui seberapa sering audiens mengunjungi bisnis mu. Tidak hanya itu saja, tapi juga seberapa efektif audiens mengarah ke situs web atau toko oneline kamu.

2. Penggunaan Hastag Yang Tepat

Hastag dapat membantu dalam menarik lebih banyak lagi pengunjung ke akun bisnis kamu. Karena penggunaan hastag ini sangat membantu kamu mengkategorikan topik atau mencari sebuah konten yang relevan dengan sangat mudah. Tidak hanya itu penggunaan hastag dapat memperluas jangkauan konten, meningkatkan Engagement dan juga meningkatkan keberadaan bisnis kamu di mesin pencari.

Untuk mengetahui lebih dalam lagi penggunaan hastag beserta caranya, bisa klik link di bawah ini:
Pentingnya HasTag Pada Media Sosial Marketing

3. Fitur Instagram Stories

Stories merupakan fitur yang paling menyenangkan dan kreatif. Kenapa? Karena kamu dapat berinteraksi dengan audiensmu. Kamu dapat menggunakan fitur polling, Q&A, filter, kuis, reaction, link, dan lain-lain untuk menarik pengikut dan meningkatkan engagement kamu.

Tidak hanya itu pada akun Instagram Bisnis, kamu juga dapat melihat statistik tentang performa Instagram Stories. Statistik ini mencakup jumlah tampilan, swipe up (jika terdapat tautan yang ditempatkan dalam cerita), dan interaksi dengan fitur polling serta tanya-jawab. Dengan informasi ini, bisnis kamu dapat mengevaluasi performa konten dan meningkatkan strategi pemasaran di Instagram.

4. Instagram Live

Kamu dapat menggunakan fitur Instagram Live untuk terhubung dengan pengikut secara real-time. Fitur ini dapat digunakan untuk mengadakan acara khusus, melakukan wawancara dengan konten kreator lain, atau memberikan sebuah pengumuman penting kepada pengikut.

Selain itu kamu juga dapat menambahkan tautan ke dalam siaran langsung. Yang bertujuan agar pengikut secara tidak langsung di arahkan ke situs web atau produk yang ingin dipromosikan oleh bisnis. Sama hal dengan stories, pada live kamu bisa melihat statistik tentang performa Instagram Live. Statistik ini mencakup jumlah orang yang menonton siaran langsung, waktu siaran langsung, dan komentar pengguna.

5. Fitur Iklan Berbayar Instagram

Dalam Akun Instagram bisnis, fitur pengiklanan bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau suatu hal dengan lebih efektif. Karena kamu dapat memilih target audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat dan perilaku pengguna. Kamu dapat memilih format iklan apa yang paling cocok untuk tujuan promosi mu, mulai dari jenis iklan gambar, video serta iklan katalog produk.

Fitur pengiklanan Instagram juga dilengkapi dengan fitur pengukuran performa iklan. Jadi kamu dapat melihat berapa banyak tampilan, klik, serta konversi yang terjadi dari iklan tersebut. Namun yang perlu di perhatikan adalah fitur ini memerlukan biaya tertentu, jadi pastikan kamu sudah spare budget untuk fitur yang satu ini ya.

6. Posting Secara Konsisten

Memiliki jadwal posting yang teratur dan konsisten tentu akan memiliki manfaat yang signifikan. Dalam meningkatkan keberadaan dan kesadaran akan suatu merek, kamu perlu posting secara konsisten sehingga konten atau produk mu akan muncul pada feed audience mu. Selanjutnya ini juga sangat membantu dalam membangun kepercayaan dan kredibilitas pengikut dan yang terakhir meningkatkan relasi. Dengan konsistensi mu dalam membuat konten atau memposting tentu saja akan menarik perhatian influencer lain untuk berkolaborasi dengan kamu jika mereka memiliki tujuan target yang sama.

7. Menggunakan Layanan Sosial Media Marketing

Saat ini tidak heran bahwa banyak sekali pembisnis atau konten kreator sangat mudah dalam memasarakan produk atau konten mereka ke masyarakat luas. Ini merupakan salah satu rahasia umum yang di gunakan untuk mempercepat proses dan mengoptimalkan sosial media mereka, yaitu menggunakan Layanan sosial media marketing panel.

Entify Panel menawarkan solusi pemasaran media sosial yang terintegrasi dan dapat membantu kamu memperluas jangkauan bisnis di media sosial termasuk instagram. Berikut ini adalah beberapa cara Entify Panel mengoptimalkan penggunaan akun Instagran bisnis kamu:

  1. Meningkatkan Jumlah Followers
    Entify panel akan membantu kamu dalam meningkatkan jumlah followers dengan sangat cepat dan tentunya sesuai dengan target yang kamu butuhkan.
  2. Meningkatkan Jumlah Likes Dan Komentar
    layanan ini sangat bermanfaat karena Entify Panel menyediakan layanan organik sehingga akan membangun kepercayaan audiens dan relasi untuk akun mu.
  3. Meminimalisir Budget Dan Efesiensi Waktu
    Entify Panel memberikan layanan dengan kualitas eksklusif namun dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran. Sehingga kamu dapat meminimalisir pengeluaran. Dan juga kamu dapat menghemat waktu yang lebih banyak, karena kamu tidak perlu pusing lagi bagaimana cara meningkatkan jumlah followers, like, komentar, sehingga kamu dapat berfokus pada pembuatan konten atau postingan saja.
  4. Memiliki Layanan Terlengkap
    Tidak hanya followes, like atau pun komentar, Entify Panel menyediakan seluruh layanan terlengkap yang kamu butuhkan untuk seluruh sosial media.

Namun perlu di ingat bahwa penggunaan SMM Panel tidak boleh menjadi satu-satunya strategi untuk mengoptimalkan akun Instagram Bisnis kamu. kamu harus fokus pada pembuatan konten yang berkualitas, membangun keterlibatan dengan audiens, dan terus memantau dan menganalisis kinerja Instagram Bisnis kamu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *